SIMP4TIK News - Meningkatnya jumlah produksi hasil prodak unggulan pertanian masyarakat di Kabupaten Nunukan sehingga tercatat sebagi pengguna tol laut terbanyak.

Hal itu berdasarkan data Direktor Perdagangan Dalam Negeri (Dirjen PDN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) tahun 2022.

Fungsional Tenaga Ahli Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Nunukan Abdul Rahman, membenarkan bahwa Nunukan menjadi muatan balik terbesar se - Indonesia melalui program tol Laut 2022. 

"Kita punya dua Komoditas unggulan yaitu rumput laut dan cangkang sawit, mengingatnya hasil dua komuditas tersebut, membuat muatan terbilang meningkat ditahun 2022," terang Rahman. 

"Karena jumlah produksi meningkat, sehingga menjadi capaian baik. pelaku pengusaha yang ada di Nunukan memanfaatkan program tol laut dengan sangat baik," tambah Rahman.

Menurut Rahman, dengan meningkatnya jumlah produksi, sehingga memberikan berdampak baik. Pemerintah pusat pun memberikan penambahan rute tol laut, dari yang sebelumnya dilayani oleh dua kapal kini Nunukan dilayani tiga kapal.

"Setiap tahun kita dievaluasi oleh Kemenhub, Alhamdulillah Nunukan menunjukkan peningkatan untuk muatan balik. Sehingga ada tambahan rute,” pungkasnya.(*)

 


 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom