Nunukan, SIMP4TIK - Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid sebagai pengarah mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Nunukan yang terdiri dari Sekretaris Daerah sebagai Koordinator, Asisten Perekonomian dan Pembangunan sebagai ketua tim, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan sebagai Sekretaris. Anggota lain yang dikukuhkan juga adalah dari beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD bertempat di lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Kamis (25/07/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Nunukan mengatakan pengukuhan TPAKD adalah momentum untuk bersinergi meningkatkan komitmen dan kepedulian dalam memperluas akses keuangan agar masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan.

Lebih lanjut, pengukuhan TPAKD adalah wujud kolaborasi untuk optimalisasi akses keuangan di daerah. “Diharapkan dapat menggerakkan perekonomian dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi serta menciptakan kondisi sosial dan ekonomi yang lebih baik lagi bagi masyarakat,” ujar Laura.

“Saya berpesan kepada tim yang telah dikukuhkan segera dapat menentukan langkah konkret dan terukur dalam program kerjanya. Apa yang sudah dipahami kiranya dapat dengan segera diwujudkan dalam implementasi kerjanya,” tambahnya. 

Ibu dari 3 anak ini juga berharap agar dapat berkolaborasi dan proaktif atas upaya yang dilakukan, sehingga akses keuangan yang diperjuangkan benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal. 

Sementara itu, Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim dan Kaltara, Yulianta memaparkan, ringkasan eksekutif disusun oleh koordinator TPAKD, ketua tim, Sekretariat TPAKD, anggota TPAKD serta dapat melibatkan akademisi.

Rencana program kerja, TPAKD dapat menjadikan program kerja pemerintah daerah atau program kerja nasional sebagai rujukan program percepatan akses keuangan sesuai dengan potensi unggulan daerah ataupun menyusun program kerja baru dengan berbagai inovasi yang dikembangkan.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom