Nunukan, SIMPATIK - Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan dan Kepala DPMPTSP melaksanakan kunjungan kerja ke sentra pembudidaya rumput laut di Wilayah Pulau Sebatik, Kamis (25/07/2024).

Kunjungan kerja Bupati ke Pulau Sebatik  merupakan lanjutan dari kunjungan kerja yang dilaksankan sehari sebelumnya, dimana bupati berdialog secara langsung dengan para Pembudidaya Rumput Laut di Sungai Bolong Kelurahan Nunukan Utara Kecamatan Nunukan  dan di  RT.11 Mamolo Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan.

Kunjungan ini bertujuan untuk untuk meninjau langsung kondisi para pembudidaya serta mengevaluasi perkembangan sektor budidaya rumput laut yang menjadi komoditas unggulan di wilayah tersebut.

Dalam kunjungan kerja tersebut Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D  melaksanakan temu wicara dengan para pembudidaya rumput laut dan asosiasi pedagang rumput laut (APRL) Kabupaten Nunukan.

“Pemerintah Daerah berkomitmen akan terus mendukung dan memajukan sektor perikanan, khususnya budidaya rumput laut," tegas Laura.

Bupati Nunukan berdialog secara langsung dan mendengarkan berbagai kendala yang mereka hadapi, diantaranya masalah harga, BBM dan pencurian atau pemotongan jangkar.

Untuk mengatasi masalah yang di hadapi para petani rumput laut maka pemerintah daerah akan membentuk Tim Terpadu yang salah satu tugas tim adalah mengecek kualitas rumput laut yang dihasilkan mulai dari produksi sampai pengiriman dengan harapan kualitasnya sesuai  dengan standar yang ditetapkan oleh pabrik sehingga rumput laut tidak menumpuk dan tidak laku dipasaran yang dapat mengakibatkan anjloknya harga.

Ketua Asosiasi Pengusaha Rumput Laut (APRL) Kabupaten Nunukan, Fery S.Kom turut hadir dalam kunjungan ini., Fery menyampaikan apresiasinya terhadap perhatian dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah daerah.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Ibu Bupati dan pemerintah daerah. Dukungan ini sangat penting bagi kami untuk terus berkembang," kata Fery.

Temu wicara Bupati Nunukan dengan pembudidaya rumput laut dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Kantor Camat Sebatik Barat dan di hadiri oleh 160 orang perwakilan pembudidaya rumput laut sepulau sebatik.

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom