SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD menghadiri  Festival Silat Budaya  (SILATDA FEST) tahun 2023  yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) bertempat di Tugu Dwikora Alun - alun Kota Nunukan,  Sabtu (3/6).

Bupati Laura mengatakan, sebagai aset budaya yang sangat berharga, maka menjadi kewajiban untuk terus menjaga dan melestarikan silat. Sebisa mungkin silat harus terus menerus diajarkan kepada anak-anak, para generasi penerus, supaya budaya ini tidak hilang begitu saja ditelan oleh perkembangan jaman.

"Atas nama pemerintah saya sangat mengapresiasi kegiatan festival silat budaya tahun 2023 ini. Saya berharap festival SILATDA ini bisa menjadi momentum bangkitnya berbagai silat budaya di Kabupaten Nunukan," ujarnya.

Sementara itu Ketua Kormi, H. Andi Muhammad Akbar mengungkapkan, 
Silatda Fest 2023 adalah refleksi kebudayaan lokal yang menjadi wadah seluruh perguruan silat yang ada di Kabupaten Nunukan.

"Even ini lahir sebagai salah satu tanggungjawab Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Nunukan dalam menjalankan tugas organisasi pada bidang Pengembangan Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya," ungkapnya.

Senada dengan itu, Sekretaris panitia pelaksana Nur Syafitri menyampaikan bahwa silatda fest 2023 merupakan kegiatan yang telah termaktub dalam program prioritas KORMI Kabupaten Nunukan Tahun 2023.

Nur Syafitri mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong pelestarian budaya silat tanah air di wilayah perbatasan. Selain itu juga menjadi wadah silaturahmi dan pengenalan perguruan silat yang ada di Kabupaten Nunukan. 

"Melalui kegiatan ini, Kormi mendorong lahirnya atlet - atlet silat budaya yang dapat membawa nama Kabupaten Nunukan pada kejuaraan lokal , regional, nasional maupun internasional," tuturnya (*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom