Nunukan, SIMP4TIK – Libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, jumlah penumpang di Pelabuhan Sei Jepun meningkat.

Di hari + 1 hari raya Idul Adha, sejak pagi terpantau ratusan penumpang yang hendak menyeberang melalui Pelabuhan Sei Jepun ke Pelabuhan Binalawan Sebatik. 

Kepala UPT Pelabuhan Sei Jepun, Agus Rauf, A. Md., mengatakan, jumlah penumpang pada liburan hari raya ini, ada peningkatan namun tidak begitu signifikan.

“Jumlah penumpang di hari libur hari raya seperti ini memang ada peningkatan dari rata-rata hari normal yang berkisar 100 – 200 penumpang setiap harinya, hari ini ada peningkatan namun tidak seberapa,” terangnya, Selasa (18/6/2024).

Agus Rauf, menyebut hari ini (selasa) tidak ada jadwal Kapal Ferry, sehingga penumpang hanya menggunakan perahu Dongfeng untuk menyebrang ke pulau sebatik.

Sebelumnya menurut Agus Rauf, pada hari - 3 jelang hari raya Idul Adha, jumlah penumpang Ferry dengan rute Nunukan ke Tarakan melonjak hingga 229 orang, sementara penumpang pada hari raya, yaitu Senin (17/6/2024) penumpang hanya berjumlah 34 orang.

“Lonjakan penumpang terjadi pada H – 3 jelang hari raya, sedangkan kemarin pada hari H penumpang hanya 30an saja,” terangnya.

Ditambahkan oleh Koordinator Lapangan pada UPT Pelabuhan Sei Jepun, Jabaar,  jumlah penumpang pada hari ini, selasa (18/6/2024), lebih dari 200 penumpang dan 100 lebih kendaraan roda 2.

“Dari hasil rekap kami jumlah penumpang pada libur hari raya Idul Adha 1445 Hijriah kali ini sebanyak 289 orang, dan kendaraan  R2 148 unit, jumlah ini lebih banyak bila dibandingkan pada hari libur lainnya, contoh hari minggu lalu hanya sekitar 147 orang,  peningkatan tidak Signifikan tapi untuk hari  ini ada meningkat dari hari biasa,” ungkapnya.

Jabaar juga menjelaskan, sebelum dan sesudah hari raya Idul Adha tidak ada kendala aktivitas di pelabuhan sei jepun, berjalan dengan normal.

"Alhamdulillah, hingga saat ini semua penumpang dapat terakomodir dengan baik oleh pelayanan kapal feri dan  perahu dongfeng  (tambangan) serta petugas di pelabuhan,”   tutupnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom