SIMP4TIK News - Persoalan pemadaman listrik yang belakangan ini masih terjadi di daerah Kabupaten Nunukan. Manager PT. PLN (Persero) Cabang Nunukan Fery Kurniawan menjelaskan sebab akibat terjadinya pemadaman bergilir yang terjadi pada saat di temui di ruang kerjanya, di Kantor PT PLN Nunukan di Jalan Iskandar muda, Senin (13/11).

"Pemadaman listrik kali ini tidak serumit di bulan Juli sampai September, tiga bulan kita kemaren padamnya begitu luar biasa dan 9 Oktober kita bertemu dengan Bupati untuk laporan dan saat itu mesin yang dua unit datang dan beroperasi, artinya dari tanggal 13 Oktober sampai dengan 7 November kemarin kita tidak ada pemadaman," ujar Fery Kurniawan.

Lebih lanjut, Fery mengatakan bahwa mesin listrik buatan manusia jadi tidak mungkin tidak ada kerusakan. Mesin juga butuh perawatan dan perawatan jaringan. Pada 7 November sampai 11 November itu dalam kondisi krash di daerah Sebaung, tegangan listrik minimal di angka 5 sampai 6 bar tapi pressure krash nya berada di angka 3 bar, maka dari itu periode 7 sampai 11 November kemarin sempat beban tidak banyak sekitar 700 KB sampai 1 MB.

Manager PT. PLN ini menyampaikan kondisi perusre gas pada Minggu kemarin juga masih di kisaran 3,2 bar standarnya minimal 5 sampai 6 bar itu bisa di katakan aman.

"Nah kebetulan dengan hal itu juga ada dua gangguan mesin di PLTG Sebaung bersamaan juga di daerah Sei Bilal ada dua mesin juga yang gangguan di hari Minggu kemarin itu mesin mitzubishi 2 dan mitzubishi 8 hanya saja yang mitzu 2 bisa masuk, siang gangguan tapi sorenya bisa masuk dan beroperasi kembali," ungkapnya.

Kemudian yang mesin mitzubishi 8 memang sudah perbaikan sejak akhir Agustus dan rencananya mau masuk di Oktober kemarin. Akan tetapi masih terkendala dengan gangguan teknis.

"Mudah - mudahan hari ini bisa masuk, kalau hari ini bisa masuk yang mitzubishi 8 dari Sei Bilal kita tidak akan defisit tapi ngepres, untuk bisa supaya ada cadangan 2 MB mesin yang di Sebaung ada 2 kurang lebih 2 MB bisa masuk berarti kita bisa surflus 2 MB. Jadi kita sama - sama menunggu nanti sore kalau mitzubishi 8 bisa masuk tentu tidak ada pemadaman tapi kalau tidak masuk pasti ada pemadaman dan daerah - daerah yang akan terdampak pemadaman dijadwalkan pada sesi pertama antaranya desa Bambangan, Simpang Bahagia, Liang Bunyu, Binalawan, Setabu, Tembaring, Balansiku, karena semalam di daerah Sei Bilal sampai Sei Fatimah jadi gantian merasakan," Manager ULP PLN Nunukan Fery Kurniawan.

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom