SIMP4TIK News - Dalam Rangka Memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang Ke- 78 PT. Petrosea melaksanakan kegiatan donor darah yag dilaksanakan pada Sabtu (15/07) di Sebakis. Sebanyak 70 Kantong darah berhasil di dapatkan, hal ini sejalan dengan komitmen PMI Nunukan untuk selalu berusaha memenuhi permintaan darah dari Rumah Sakit Nunukan yang semakin meningkat. Tidak hanya PT. Petrosea namun ada beberapa Perusahaan lain juga yang berada diluar Nunukan rutin melaksanakan kegiatan donor darah serupa, seperti PT. Pertamina Sei Sebaung, PT. NBSS di Sebakis, PT. NJL di Sei Menggaris.

PMI Nunukan memiliki 2200 orang pendonor tetap yang rutin mendonorkan darahnya di PMI Nunukan baik yang dilaksanakan di Markas PMI atau di tempat kegiatan diluar Markas PMI. Kasi PD2DS Adithya Pratiwi selaku Staf PMI Nunukan yang membidangi hal tersebut juga terus mencari mitra - mitra baru untuk menjadi pendonor tetap di PMI Nunukan.Thya Sapaan akrabnya juga selalu mengingatkan para pendonor yang sudah waktunya untuk mendonorkan darahnya baik dengan menghubungi lewat Telepon atau Whatsapp.

Rumah Sakit Nunukan merupakan satu-satunya mitra yang selama ini menjadi tempat pendistribusian darah dari pengolahan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Nunukan "selama tahun 2023 ini saja PMI Nunukan sudah mendistribusikan darah ke Rumah Sakit Nunukan sebanyak 1709 Kantong mulai dari Januari sampai Juli," ucap Thya.

Tak lupa Thya pun menjelaskan waktu dan syarat menjadi Pendonor Darah di PMI  "Seorang pendonor dapat dilakukan donor darah paling cepat 2 bulan dari waktu awal dia mendonorkan darahnya sampai waktu donor darah berikutnya adapun syarat pendonor adalah Sehat, Berumur minimal 17 tahun, Memiliki berat badan minimal 45 Kg, Tidak mengkonsumsi obat selama 3 hari terakhir, Tekanan darah normal, HB Normal, Tidak dalam kondisi Haid atau Menyusui untuk wanita, Cukup Tidur minimal 6 jam," pungkasnya. (*)

Teks/Foto : Sugianto (Tim Publikasi PALANG MERAH INDONESIA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom