Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian melalui bidang Statistik dan Persandian menggelar  Focus Group Discussion (FGD) Daerah dalam Angka dan Membangun Metadata Statistik Sektoral Kabupaten Nunukan bertempat di Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Jumat (16/2/2024).

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Suharti mengatakan tujuan FGD ini adalah untuk memberikan pembinaan kepada OPD dalam pengisian tabel indikator metadata statistik sektoral. 

"Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap proses implementasi penyediaan data yang diberikan lengkap, akurat, mutakhir menuju satu data Kabupaten Nunukan," kata Suharti.

Kepala Bidang Informatika Andi Akmal dalam paparannya menjelaskan tahapan pengelolaan satu data nunukan dan pentingnya metadata statistik sektoral urusan pemerintahan. 

Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan suatu informasi dan menjadikannya mudah ditemukan, digunakan atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi. 

Dilanjutkan dengan paparan dari BPS terkait tata pengisian Ewalidata. Para peserta diarahkan untuk mengisih metadata indikator statistik sektoral dari setiap OPD masing-masing yang didampingi langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Nunukan.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom