Nunukan, SIMP4TIK – Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-Lapor), Selasa (23/09/2025) di Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada perangkat daerah dan masyarakat tentang pentingnya kanal pengaduan pelayanan publik yang mudah diakses dan terintegrasi antar instansi pemerintah.
Salah satu narasumber dalam kegiatan ini adalah Dita Mellyanika, S.Sos, M.Si, Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Utara.
Dalam pemaparannya, Dita menjelaskan bahwa SP4N-Lapor merupakan sistem nasional yang digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi maupun pengaduan terhadap layanan publik.
“SP4N-Lapor ini adalah salah satu kanal pengaduan yang terintegrasi dengan banyak instansi pemerintah. Ombudsman berperan sebagai pengawas penyelenggaraan pelayanan publik, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008,” jelasnya.
Dita menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Nunukan atas terselenggaranya kegiatan ini.
Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari rencana aksi yang sebelumnya juga sempat dibahas dalam forum diskusi pada akhir tahun lalu.
“Kami mengapresiasi sekali adanya sosialisasi ini, ini adalah langkah positif dari Pemkab Nunukan, harapannya, masyarakat bisa lebih memahami dan memanfaatkan SP4N-Lapor dengan baik,” ujarnya.
Ia juga menambahkan, hingga Agustus 2025, belum ada laporan dari masyarakat Nunukan yang masuk ke sistem SP4N-Lapor.
Namun, pihaknya berharap ke depan masyarakat bisa lebih aktif menggunakan layanan ini.
“Mudah-mudahan, setelah kegiatan ini, masyarakat Nunukan bisa lebih mudah menyampaikan laporan atau aspirasi melalui SP4N-Lapor. Kami di Ombudsman siap mengawasi agar setiap laporan bisa ditindaklanjuti,” tutup Dita.
Sebagai informasi, SP4N-Lapor adalah layanan pengaduan online resmi milik pemerintah Indonesia yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan berbagai laporan, kritik, saran, atau keluhan terhadap pelayanan publik secara mudah, cepat, dan transparan.(*)
Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )
Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom