SIMP4TIK News - Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan bekerja sama dengan Yayasan Literasi menggelar Pelatihan dan Pendampingan Fasilitator dalam Pemanfaatan Buku Bacaan Anak di Kabupaten Nunukan yang berlangsung di Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Rabu (11/1).

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan terus mendorong agar kesadaran Literasi di tengah masyarakat juga dapat terus meningkat. Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Dinas Pendidikan, aneka program sudah dijalankan, aneka event juga dihadirkan guna memberikan stimulan kepada masyarakat, generasi muda dan kelompok masyarakat untuk sadar Literasi, gemar membaca dan menulis.

"Pelatihan ini adalah untuk mendorong minat baca bagi anak - anak, sebuah langkah yang jitu sebagai pembentukan karakter diri bagi anak di usia dini untuk memanfaatkan buku bacaan anak," ucapnya.

Di kesempatan ini juga Bupati Laura berpesan kepada peserta pelatihan yang akan menjadi fasilitator kiranya dapat mengikuti setiap paparan materi yang disampaikan oleh narasumber sehingga nantinya dapat diaplikasikan langsung dilapangan dengan baik.

Sementara itu, salah satu narasumber dari Literasi, Anna Farida mengatakan Kabupaten Nunukan menjadi salah satu yang mendapatkan buku hibah dari pusat pembinaan dan pengembangan bahasa Kemendikbud. Ada 70 (tujuh puluh) Sekolah Dasar (SD) yang mendapatkan buku hibah. 

"Tujuan pelatihan fasilitator ini adalah untuk bagaimana cara menggunakan buku yang telah dihibahkan dengan harapan pelatihan ini akan memberikan bekal pada sekolah yang terpilih untuk memanfaatkan buku yang sudah dihibahkan itu dengan baik," katanya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom