SIMP4TIK News - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nunukan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nunukan alokasi anggaran senilai 1,4 Milyar untuk pemeliharaan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tersebar di Kabupaten Nunukan tahun 2024.

Kepala Seksi Prasarana Perhubungan Bidang Darat pada Dishub Kabupaten Nunukan, Abdul Mukti, mengatakan target pemeliharaan PJU untuk tahun 2024, ada 2 jenis lampu yang akan di perbaiki yaitu jenis lampu Flat daya PLN dan jenis lampu Solar Cell.

"Perbaikan Jenis lampu Flat ditargetkan sebanyak 400 titik, sedangkan jenis lampu Solar Cell sebanyak 116 titik, lokasi tersebar di Nunukan, lampu Flat keberadaannya hampir di setiap jalan raya yang ada, sedangkan yang Solar Cell yang mau kita rubah ke daya PLN adanya, di jalan Tanah Merah PLBN, Jl.P. Antasari, Jl. Angkasa, sampai ke simpang GOR, Gadis 2, lanjut ke median jalan setelah kantor Bupati masuk kepelabuhan Ferry," terangnya, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (9/11).

Menurut Abdul Mukti, Estimasi untuk 2 kegiatan pembelian alat dan pemasangan jaringan PJU tersebut diperkirakan menyentuh angka 1,4 Milyar.

Selain itu, Dishub juga akan melakukan perbaikan lampu lalu lintas atau alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) di jalan simpang bandara.

"Kita akan mengganti semua spek yang ada, dengan yang baru, yang kita tinggalkan hanya konstruksi tiangnya saja lainnya diganti karena kondisinya yang rusak parah dan memang  waktunya harus diganti," ungkap Mukti.

Lanjut Mukti, perlengkapan rambu-rambu di jalan, untuk tahun depan juga ada pengadaan rambu termasuk juga marka jalan.

"Penambahan marka salah satunya di Jl. P. Antasari, Jl. Sungai Fatimah, Jl. Sei Bilal menuju RSUD dengan estimasi panjangnya 4500 meter, dan anggaran 180an juta," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom