SIMP4TIK News - Proses pemekaran lima Desa pada tiga Kecamatan di Kabupaten Nunukan, akan dilanjutkan seusai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Nunukan, Helmi Pusdaalikar, membenarkan hal tersebut, bahwa sejak surat moratorium yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Januari 2023 lalu, aktivitas terkait pemekaran desa dihentikan sementara selama proses pemilu berlangsung.

"Sementara kita tangguhkan, sesuai dengan surat moratorium dari Kemendagri, hingga proses pemilu selesai," ucapnya.

Kelima desa pemekaran tersebut adalah Desa Tembaring di Kecamatan Sebatik Barat, Desa Sei Kapal di Kecamatan Sei Menggaris, Desa Bantu di Kecamatan Tulin Onsoi dan di pulau Nunukan Desa Ujang Fatimah dan Desa Binusan Dalam yang merupakan pecahan dari induknya Desa Binusan.

"Kita sudah usulkan Peraturan Daerah (Perda) persetujuan pemekaran ke DPRD, harapan kita setelah pemilu nanti proses itu bisa rampung di DPRD dan kita bisa langsung ajukan kode desa di Kemendagri," terangnya.

Menurut Helmi, dari kelima desa tersebut hanya dua desa di pulau Nunukan yang siap yaitu Desa Ujang Fatimah dan Desa Binusan Dalam, karena sudah menyelesaikan tahap persiapan selama dua tahun dan tinggal menunggu penetapan oleh DPRD Nunukan.

Namun Desa Induk yaitu Desa Binusan, meminta peninjauan ulang terkait batas desa, kemudian DPMD melakukan evaluasi kembali terkait batas desa keduanya tersebut.

"Konsekuensi dari pada itu terjadi penguluran waktu, karena kita ada di transisi moratorium sudah berlaku, akhirnya prosesnya jadi terlambat," ungkapnya.

Untuk ketiga desa lainnya, yaitu Desa Tembaring di Kecamatan Sebatik Barat, Desa Sei Kapal di Kecamatan Sei Menggaris, Desa Bantu di Kecamatan Tulin Onsoi baru ditetapkan dengan Peraturan Bupati (Perbub) dengan persetujuan Gubernur.

"Sehingga mereka butuh waktu dua tahun untuk masa persiapan dan kemudian dievaluasi, jika meneuhi syarat, baru diusulkan penetapan," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom