SIMP4TIK News - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan Alokasikan Dana puluhan juta untuk pelaksanaan Job Fair 2023.

Pengantar Kerja Ahli Muda, Bidang Perencanaan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kabupaten Nunukan Daniel Seru, mengatakan Job Fair di Nunukan ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan, dan langsung mendapatkan dukungan dari Bupati Nunukan.

"Job fair ini perdana ditahun 2023, melalui APBD Perubahan pelaksanaan job fair Distransnaker mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 70 Juta untuk biaya operasional sehingga ini dapat terlaksana," terang Daniel Seru, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (17/11).

Menurut Daniel Seru, bila melihat rekam jejak pencari kerja setiap tahunnya, optimis melalui job fair ini bisa saja terisi semua.

"Dari data kami rata-rata setiap tahun ada sampai 300 orang yang datang mengurus kartu pencari kerja di Distransnaker dan hanya 40 orang yang melapor mereka sudah diterima bekerja," ungkapnya.

Daniel Seru, menjelaskan 361 lowongan pekerjaan yang dibuka oleh 11 perusahaan di Kabupaten Nunukan dan akan dilaksankan pada tanggal 22 November 2023 mendatang, di Aula Kantor Gadis 1 Nunukan, terbuka bagi siapa saja. Di harapkan dapat dimanfaatkan oleh para pencari kerja di Kabupaten Nunukan.

Termasuk bagi tenaga honorer di lingkungan pemkab Nunukan, yang ingin melamar dan memenuhi syarat dan spesifikasi job fair bisa saja, mengikutinya. 

Peluang besar untuk diterima karena sistem seleksinya adalah wawancara langsung ditempat.

"Lowongan ini terbuka bagi siapa saja, sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan pada jabatan yang dilamar, pelamar juga bisa melamar lebih dari satu lowongan," ujarnya.

Daniel Seru, menyebut untuk job fair non skill rentang usia mulai dari 18 - 45 tahun, dengan pendidikan paling tinggi lulusan SD. Sedangkan job fair skill usia mulai dari 18 - 45 tahun dengan pendidikan minimal lulusan SMA.

"Disamping persyaratan lainnya, semua Pencari Kerja diwajibkan memiliki Kartu Pencari Kerja (AK 1) dari Dinas Distransnaker," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom