SIMP4TIK News - Pemerintah Kabupaten Tana Tidung tertarik untuk menggunakan aplikasi SEPAKAT sebagai media berbagai pelaporan pemerintah daerah. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Informatika Kabupaten Tana Tidung, Dicky saat melakukan audiensi ke Dinas Kominfo Kabupaten Nunukan, Senin (21/8). 

Dicky yang didampingi dua staf Bidang Informatika Kabupaten Tana Tidung diterima Kepala Bidang Informatika Kabupaten Nunukan Akmal SKom MAP, mengungkapkan, pihaknya sebelumnya sudah mengirimkan surat ke Dinas Kominfo Kabupaten Nunukan perihal keinginan untuk melakukan replikasi aplikasi SEPAKAT untuk dapat digunakan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Tidung. 

"Kedatangan kami menindaklanjuti surat yang sudah disampaikan lebih awal, untuk mendapatkan informasi yang lebih konfrehensip terkait replikasi aplikasi SEPAKAT, aplikasi yang didevelop Tim IT Pemkab Nunukan dan sudah digunakan dilingkungan Pemkab Nunukan di dalam penyampaian laporan kegiatan Pemerintah Daerah," katanya.   

Mendapatkan masukan itu, Akmal menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Pemkab Tana Tidung melalui Dinas Kominfo yang memberikan apresiasi atas aplikasi SEPAKAT yang divelop atau dibangun oleh Tim IT Diskominfo Kabupaten Nunukan. 

"Kami atas nama pimpinan menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan teman-teman dari Pemkab Tana Tidung yang memberikan apresiasi kepada aplikasi SEPAKAT dan berencana untuk mereplikasi untuk digunakan di lingkungan Pemkab Tana Tidung, ini apresiasi yang luar biasa," katanya. 

Akmal lalu memaparkan upaya yang telah dilakukan Bidang Informatika Kabupaten Nunukan sampai dapat mendevelop sendiri beberapa aplikasi termasuk website di lingkungan Pemkab Nunukan dan melakukan integari aplikasi produk lokal ke aplikasi sejenis ditingkat nasional.  

"Dalam menerapkan e-government disadari betul perlunya penggunakan teknologi informasi dalam berbagai layanan publik, maka setelah memetakan kebutuhan itu dilakukan rekruitmen tenaga IT yang memiliki kompetensi dan kapasitas baik yang selama ini ada di perangkat daerah maupun yang berasal dari luar," katanya. 

Setelah tim terbentuk, kata Akmal, regulasi sudah tersedia selanjutnya dilakukan pembangunan aplikasi secara berjenjang disediakan jaringan intra net yang nantinya akan bermuara kepada layanan pusat data untuk mendukung satu data Kabupaten Nunukan. 

"Alhamdulillah, teman-teman setahap demi setahap membangun aplikasi seperti SIMANJA, SEPAKAT, SILAPDAT, TNDD dan SIMP4TIK dan beberapa aplikasi lain sebagai inovasi yang wajib bagi peserta Pelatihan kepemimpinan nasional maupun Pelatihan kepemimpinan Administrasi," jelasnya. 

Terkait maksud dari Diskominfo Kabupaten Tana Tidung, yang berniat mereplikasi aplikasi SEPAKAT, Akmal menyatakan sebagai apresiasi yang patut juga disambut dengan apresiasi.  "Apalagi bagi kita yang berasal dari satu propinsi, tentu jauh lebih bijak bila bisa membangun sinergitas dan kerja sama untuk saling mendukung dalam mengembangkan dan menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE," katanya. 

 Akmal menyarankan untuk percepatan melakukan replikasi itu, perlu ada kesepakatan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pemimpin daerah masing-masing. "Sebaiknya segera dilakukan kerjasama yang diawali dengan penandatangan MoU agar bisa ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama ditingkat teknis," sarannya.  

Mendengarkan masukan itu, Dicky menyatakan segera akan menindaklanjuti saran tersebut, karena replikasi aplikasi SEPAKAT diakui pihaknya termasuk aplikasi yang lain diperlukan untuk penerapan SPBE di lingkungan Pemkab Tanah Tidung. 

Kepala dinas Kominfo Nunukan yang belakangan bergabung setelah mengikuti acara, menyambut baik kedatangan Kabid Informatika Kabupaten Tana Tidung dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya untuk mereplikasi aplikasi produk dari Tim IT Pemkab Nunukan. "Salam sama Pak Uus yah, Kadis Kominfo Kabupaten Tana Tidung," pesannya kepada Dicky dan kedua stafnya.(*)

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom