Nunukan, SIMP4TIK –  Baru dua hari di buka Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025, calon siswa baru yang mendaftar di SMPN 1 Nunukan membeludak.

Kepala Sekolah SMPN 1 Nunukan Rustiningsih, S. Pd M. Eng., mengatakan SMPN 1 Nunukan merupakan sekolah favorit, yang setiap tahunnya pada saat PPDB, sekolah yang ia pimpin sejak 4 tahun lalu ini, selalu mendapatakan animo yang tinggi dari masyarakat.

“Jumlah pendaftar di hari kedua ini sudah 395, dari kuota siswa baru yang nantinya diterima di SMPN 1 Nunukan hanya 288 siswa untuk 9 ruang belajar, sementara yang terverifikasi oleh panitia baru 32 pendaftar, dan masih ada 184 pendaftar jalur zonasi yang masih dalam proses untuk diverifikasi, jalur prestasi dan perpindahan orang tua ada 57 pendaftar dan jalur afirmasi 38 pendaftar, karena jaringan kurang bagus, mungkin karena hari pertama membeludak pendaftar,” terangnya, Selasa (02/07/2024).

Menurut, Rustiningsih, pada sistem PPDB dilakukan dengan 4 jalur yaitu jalur zonasi dengan kuota 65 persen dari daya tampung sekolah, 20 persen jalur prestasi, jalur afirmasi 15 persen dan sisanya melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali 5 persen.

"SMPN 1 menetapkan sistem zonasi sebagai dasar utama penerimaan siswa baru, dengan rinciannya jalur zonasi 173 siswa, afirmasi 43 siswa, perpindahan orang tua 14 siswa, dan prestasi 58 siswa. Hari terakhir pendaftaran nanti, untuk jalur zonasi akan diurut jarak rumah terdekat sampai memenuhi kuota 173 siswa," ungkap Rustiningsih.

Rustiningsih menyampaikan bahwa pendaftaran calon siswa baru yang dibuka secara online sejak tanggal 1 Juli 2024, untuk hari terakhir tanggal 5 Juli 2024, hanya dibuka hingga pukul 10.00 Wita.

"Pada hari terakhir nanti kami hanya buka pendaftaran sampai pukul 10.00 Wita, mengingat verifikasi berkas yang diupload itu butuh waktu, dan pengumuman hasil tanggal 6 Juli, kemudian tanggal 8-10 Juli daftar ulang bagi siswa yang lolos," imbuhnya.

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom