SIMP4TIK News - Persaingan ketat diprediksi akan terjadi pada penerimaan Siswa Didik Baru (SDB) melalui Jalur Prestasi di SMP Negeri 1 Nunukan. Pasalnya, jalur tesebut tentunya menjadi incaran para siswa lulusan Sekolah Dasar (SD) yang tidak hanya mengantongi nilai akademik tertinggi tapi juga yang memiliki prestasi di bidang lain. Misalnya, bidang olahraga atau seni, yang pembuktiannya diperkuat dengan menyertakan sertifikat penghargaan atas prestasi yang pernah diraih.

Apalagi, peluang siswa lulusan SD untuk memanfaatkan jalur tersebut tidak terbatas hanya kepada mereka yang lulusan sekolah tingkat dasar yang ada di Kabupaten Nunukan, bahkan terbuka juga untuk yang berasal dari luar daerah, bahkan luar negeri. 

Sementara itu, kuota Jalur prestasi yang tersedia untuk siswa pintar secara akademik maupun pencapaian prestasi dibidang lainnya, yang tersedia di SMP Negeri 1 Nunukan, hanya diberikan untuk 86 orang siswa atau 30 persen dari 288 jumlah siswa yang diterima pada Tahun Ajaran 2023/2024 kali ini.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, jumlah siswa lulusan SD yang mendaftar melalui Jalur Prestasi di sekolah kami selalu membludak. Jumlahnya jauh di atas kuota yang tersedia,” kata Kepala SMP Negeri 1 Nunukan, Rustiningsih.

Sesuai juknis pada panduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), jika calon siswa yang mendaftar melalui Jalur Prestasi tersebut tidak terakomodir maka akan dialihkan ke jalur Zonasi.

“Itu pun mereka harus bersaing lagi dengan siswa yang mendaftar melalui jalur Zonasi. Dengan melihat tempat tinggal atau domisili terdekat dengan lokasi sekolah,” tambah Rustiningsih.

Masih sama seperti tahun sebelumnya, pada tahun ajaran baru 2023/2024 ini, SMP Negeri 1 Nunukan hanya membuka 9 Rombongan Belajar (Rombel) atau kelas untuk siswa didik baru yang akan diterima. 

Dengan membatasi sebanyak 32 orang siswa per kelas, berarti siswa lulusan SD yang akan tertampung pada sekolah lanjutan tingkat pertama yang paling banyak diminati di Nunukan ini, hanya sebanyak 288 orang PDB.

Dari jumlah tersebut, sebesar 50 persen atau sebanyak 144 siswa diterima melalui Jalur Zonasi, sebesar 30 persen kuota atau sebanyak 86 orang siswa disediakan untuk siswa yang mendaftar melalui Jalur Prestasi.

Untuk calon siswa yang mendaftar melalui Jalur Afirmasi, masih seperti dikatakan Rustiningsih tersedia kuota untuk 45 orang atau sebesar 15 persen dari jumlah seluruh siswa yang akan diterima. Selanjutnya, sebesar 5 persen atau sebnayak 15 orang siswa akan diterima melalui Jalur Perpindahan orang tua atau wali siswa. 

Pendaftaran Calon PDB periode Tahun Ajaran 2023/2024 di SMP Negeri 1 Nunukan hanya dilakukan secara online melalui http://smpn1nunukan.sch,id>ppdb>>pendaftaran. Pendaftaran tanpa dipungut biaya tersebut berlangsung selama 5 hari, sejak tanggal 3 hingga 7 Juni 2023. Bersamaan dengan proses seleksi yang dilakukan mulai tanggal 4 hingga tanggal 7 Juni 2023.

Pada tanggal 8 Juli 2023, nama siswa baru yang diterima akan diumumkan baik melalui website sekolah maupun melalui papan pengumuman sekolah. Selanjutnya dilakukan verifikasi dan daftar ulang pada tanggal 10 hingga tanggal 14 Juli 2023.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta Didik Baru di sekolah ini berlangsung selama tiga hari, sejak tanggal 17 hingga tanggal 19 Juli 2023. MPLS tersebut sekaligus menandai dimulainya tahun ajaran baru di sekolah ini.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom