SIMP4TIK News - Acara Pengukuhan pengurus Paguyuban Keluarga Warga Jawa (Pakuwaja) Kabupaten Nunukan masa bakti 2023-2028 terlaksana di Gedung Akbar Ali Nunukan, Sabtu (26/8). Puluhan tamu undangan turut meramaikan pelaksanaan pengukuhan yang dirangkai dengan berbagai acara dan hiburan bernuansa kental Khas Jawa. 

Acara dibuka dengan Tari Cucuk lampah untuk mengiringi masuknya Bupati Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD ke dalam gedung dan di pandu oleh MC dengan menggunakan 2 bahasa,bahasa Jawa dan Indonesia. Tak kalah menariknya adalah hadirnya karawitan Pakuwaja Nunukan yang mengiringi jalannya acara dengan klenengan serta gending-gending yang diperdengarkan.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Nunukan saya mengucapkan selamat kepada H. Adi Purnomo Putro sebagai ketua dan seluruh pengurus Pakuwaja yang dilantik, semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa, memberikan kekuatan dan petunjuknya supaya bisa menjalankan amanah dan tanggung jawab ini dengan baik,” ujar Laura.

Sementara itu, Ketua Pakuwaja Kabupaten Nunukan yang baru saja dilantik mengatakan dalam ungkapan bahasa Jawa “Rukun Agawe Santoso, Crah Agawe Bubrah” yang artinya bahwa rukun membuat kuat sentosa dan bertengkar membuat rusak. Nasehat tersebut mengungkapkan agar kita menciptakan situasi yang rukun dalam berkehidupan berkeluarga, bertetangga dan bermasyarakat.

“Masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Nunukan sampai saat ini turut aktif dalam mengisi pembangunan dalam rangka kemajuan daerah," ungkap Adi.

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS