SIMP4TIK News - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) menggelar kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) untuk wilayah Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan, Rabu (24/05).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan PIK-R khususnya di Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan. Digelar di Aula Kantor Kecamatan Nunukan, pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Camat Nunukan, Totok Suprapto, S.Sos didampingi  oleh Kepala Bidang P2KB Suriyati, SE. 

“Kalian harus bangga, Kalian berada disini adalah anak-anak yang terpilih. Diharapkan Nantinya menjadi corong informasi untuk menyampaikan kepada teman-temannya,” ujar Totok sebelum membuka kegiatan.

Ia juga menambahkan bahwa jika anak remaja sudah terjerumus ke  hal negatif maka akan sulit untuk berubah. Sehingga diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti dengan baik tanpa melewatkan seluruh materi yang disampaikan oleh fasilitator.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga sore hari ini menghadirkan tiga fasilitator yakni Serliyati yang merupakan Penyuluh KB kelurahan Selisun, Amanda sebagai Duta Genre Putri Kalimantan Utara 2022 dan Nur Halifah Ketua PIK-R SMAN 1 Nunukan Selatan. Para fasilitator menyampaikan materinya masing-masing terkait life skill, berencana itu keren, modul Beraksi yang berisi tentang program kerja PIK-R di lapangan dan beberapa materi lainnya.

Para peserta sangat antusias mengikuti dan bahkan memberanikan diri memaparkan pendapatnya di setiap sesi materi yang dipresentasikan oleh fasilitator. 

Plt. Kepala Dinkes P2KB melalui Kepala Bidang P2KB Suriyati, SE menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk PIK Remaja sebagai garda depan informasi untuk remaja seusianya.

“Harapannya remaja mendapatkan informasi dan pengetahuan yang cukup sehingga memiliki kemampuan untuk menjadi pendidik bagi teman sebayanya,“ pungkasnya.

Amanda, Duta Genre Putri Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2022, merupakan alumni SMAN 1 Nunukan berasal dari PIK Remaja Jalur Masyarakat (Jalmas) Nucifera,  yang dalam kegiatan tersebut ditugaskan sebagai fasilitator menambahkan  bahwa kegiatan ini cangkupannya sangat luas untuk PIK-Remaja. Peserta dapat manfaat untuk diri mereka sndiri, terlebih juga untuk orang disekitar. 

Diakhir kegiatan ditutup dengan kuis untuk smua peserta dan disediakan doorprize oleh panitia penyelenggara dari Dinkes P2KB. (IW)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS