Nunukan, SIMP4TIK - Wakil Bupati Nunukan Hanafiah jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati Nunukan, Sabtu (1/6/2024). 

Dalam amanatnya Hanafiah membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (RI) Yudian Wahyudi. Disampaikan bahwa peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024  ini mengambil tema" Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045" tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku,  agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju,  mandiri dan berdaulat.

"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai - nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat,  berbangsa dan bernegara," Ujarnya

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai negara yang besar. Sedangkan sebagai Leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini. 

"Lebih dari itu, saya mengajak seluruh komponen bangsa mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang menempatkan kaum milenial dan Gen-Z  sabagai pelaku utama pembangunan bangsa," pungkasnya.

Tak lupa Hanafiah juga mengajak seluruh masyarakat kabupaten nunukan agar selalu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila- sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat kabupaten nunukan mari kita  amalkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila - sila Pancasila sebagai pedoman kita dalam kehidupan sehari-hari agar kabupaten nunukan bisa damai  dan tentram , " tutupnya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim