Lumbis Hulu,  SIMP4TIK - Perjalanan yang jauh bukan menjadi penghalang bagi Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Nunukan, Syafarudin bersama rombongan untuk melaksanakan upacara pengibaran bendera dalam rangka hari ulang tahun ke - 79 Republik Indonesia di kecamatan lumbis Hulu, Jumat (16/8/2024). 

Dengan menggunakan perahu long boat Syafarudin bersama rombongan menyusuri sungai dari dermaga mansalong Kecamatan Lumbis menuju Kecamatan Lumbis Hulu. Sepanjang perjalanan mata dipuaskan dengan rimbunnya pepohonan. Disepanjang perjalanan  rombongan akan bertemu dengan warga yang membawa hasil kebun untuk dijual di pasar. Ada juga nelayan yang sedang mencari ikan dan anak-anak yang berenang dipinggir sungai.

Sekitar dua jam perjalanan long boat yang membawa rombongan pemerintah kabupaten nunukan tersebut memasuki jalur sungai sedilir lumbis hulu. Semakin jauh, sungai  semakin menyempit dan banyak halangan.Perjalanan yang biasanya ditempuh sekitar 5 jam tersebut, kali ini harus ditempuh lebih lama disebabkan arus jeram yang kencang dan dangkal sehingga menyebabkan long boat yang digunakan rombongan asisten mengalami gesekan batu mengakibatkan kebocoran. Bagian buritan longboat yang membawa rombongan juga mengalami kandas dan digenangi air sungai.

Akhirnya dengan dibantu warga sekitar, rombongan harus pindah transportasi menggunakan perahu dengan mesin ketinting. Sesekali  rombongan tersebut harus  turun dari perahu berjalan kaki disebabkan arus jeram yang kencang diantara bebatuan.

Namun rasa lelah terbayarkan oleh pemandangan yang disuguhkan alam sungai sedalir kecamatan lumbis hulu. Kecamatan lumbis hulu sendiri merupakan salah satu Kecamatan termuda yang berada di paling ujung kabupaten nunukan bagian barat dan berbatasan langsung dengan negara tetangga sabah malaysia bagian timur. 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim