SIMP4TIK News - Personil rescue pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Nunukan membantu seorang anak  perempuan yang masih dibawah umur sebut saja namanya Nona (9) bukan nama sebenarnya, melepas borgol yang melingkar dilengannya, Selasa (16/5/2023) malam sekitar pukul 22.15 Wita.

Dijelaskan Komandan regu rescue Muhammad Ali, Nona datang ke Dinas Damkar didampingi oleh ibunya, dari keterangan ibunya Nona yang masih kelas 2 SD tersebut, terborgol karena bermain-main dengan alat tersebut.

"Karena kesulitan melepaskan dan merasa bingung dan panik, ibunya kemudian mencari bantuan untuk melepaskan borgol tersebut dari tangan anaknya," terang Muhammad Ali.

Lanjut Muhammad Ali, borgol tersebut didapati dari rumah sewa yang sebelumnnya pernah disewa oleh polisi, entah dari mana sang anak menemukan borgol lalu iseng menggunakannya.

"Satu bagian borgol dipasang di tangan kanan , satu lagi di pasangkan ke teralis rumah, pada saat mau dibuka kembali  ternyata tidak bisa, bingung dan panik, pihak keluarga mencoba membuka pada bagian teralis dan bisa dilepas,  tapi di tangan kanan tidak bisa," terang Ali.

Sebelumnya, Sang Ibu sudah berusaha membawa ke kantor polisi tapi belum berhasil juga dilepaskan, akhirnya mencoba datang ke pemadam kebakaran.

"Sekitar 15 menit borgol berhasil dibuka dengan menggunakan peralatan seperti gerinda, senter dan air, prosesnya kita lakukan dengan hati-hati, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, yang penting 'dek Nurul bisa tersenyum kembali," pungkas Ali.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim