SIMP4TIK News - Politeknik Negeri Nunukan (PNN) menggelar Sidang Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Ke -I program Diploma III tahun Akademik 2022 - 2023, yang berlangsung di Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Sabtu (11/11).

Sebanyak 85 Mahasiswa yang diwisuda dan berasal dari empat program studi (prodi) yakni, prodi Administrasi Bisnis sebanyak 37 Mahasiswa, Teknologi Hasil Perikanan sebanyak 9 Mahasiswa, Teknik Alat Berat sebanyak 20 Mahasiswa dan Sipil Insfrastruktur Perkotaan sebanyak 19 Mahasiswa.

Direktur PNN Arkas Viddy mengatakan bahwa wisuda kali ini merupakan wisuda pertama sejak PNN dinyatakan sebagai perguruan tinggi pada tahun 2020. Para Wisudawan dan Wisudawati direkrut pada tahun 2020 maka dinyatakan mahasiswa angkatan Covid-19.

"Kepada para wisudawan atas nama PNN kami mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan saudara - saudara menyelesaikan pendidikan di PNN," ucapnya.

Arkas juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang berhasil mendapatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi serta menyelesaikan studi tepat waktu. Adapun wisudawan wisudawati yang mendapatkan IPK tertinggi yaitu, Aprini Ayu Wulan Sary Naim dari prodi Teknologi Hasil Perikanan dengan IPK 3,81, Irwan dari Administrasi Bisnis dengan IPK 3,73, Besse Febrianti dari m Teknik Sipil Insfrastruktur Perkotaan dengan IPK 3, 73 dan Maulana Nur Fikri dari Teknik Alat Berat dengan IPK 3,49.

Tema "Mengembangkan Generasi Z yang Kompetitif Melalui Pasar Tenaga Kerja Global" yang diusung, Arkas jelaskan berbagai perubahan yang terjadi baik di Hukum Internasional, regional maupun nasional, menghadapkan PNN pada pilihan untuk berbenah diri dalam rangka memenuhi tuntutan daya saing yang tinggi maka PPN merancang dan melaksanakan pelajaran yang inovatif untuk melahirkan lulusan - lulusan berkualitas, terampil dan kompeten mengingat generasi ini adalah generasi z sehingga kompetensi untuk masuk dipasar global merupakan hal yang wajib dimasuki oleh lulusan PNN. 

Sementara itu, mewakili Bupati Nunukan, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah SE MSi mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan di PNN.

Hanafiah mengatakan bahwa ini akan berpengaruh pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sekilas Hanafiah menyampaikan bahwa IPM di Kalimantan Utara untuk saat ini Nunukan berada di tingkat akhir. Oleh karena itu Hanafiah berharap kedepannya Nunukan bisa mengejar ketertinggalan tersebut. Namun dengan adanya program wisuda ini tentu dapat meningkatkan IPM di Nunukan.

"Sekilas saya sampaikan bahwa IPM di Kaltara untuk saat ini kita berada di posisi terakhir. Oleh karena itu saya berharap kedepan kita bisa mengejar ketertinggalan tersebut," ungkapnya

Lebih lanjut Hanafiah menghimbau kepada pemilik perusahaan yang berdomisili di Kabupaten Nunukan supaya bisa ikut aktif dalam rangka meningkatkan SDM di Kabupaten Nunukan kedepannya.

"Saya selaku ketua CSR mendorong para pemilik perusahaan yang berdomisili di Kabupaten Nunukan agar ikut aktif dalam rangka meningkatkan SDM di Kabupaten Nunukan," ujarnya.

Diakhir sambutannya Hanafiah mengajak  untuk mengembangkan Politeknik Negeri Nunukan.

"Sekali lagi saya mengajak, mari kita besarkan politeknik negeri Nunukan, kalau bukan kita siapa lagi," imbuhnya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom