SIMP4TIK News - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan melaksanakan upacara pembukaan Perkemahan Penegak Pandega Aksi Ceria (Peace) ke - 7 Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Embung Sei Fatimah, Kecamatan Nunukan. Kegiatan pramuka ini akan berlangsung selama 5 hari yakni mulai 19 sampai dengan 23 November 2023 dengan berbagai giat lomba yang akan diikuti peserta pramuka, Senin (20/11).

Wakil Bupati Nunukan sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan  H. Hanafiah, SE MSi mengatakan bahwasannya kegiatan peace ke - 7 ini dalam rangka mengasah keterampilan para penegak sehingga nantinya memiliki kemampuan dan keterampilan yang dimiliki  generasi muda agar lebih baik.

Kak Hanafiah juga menyampaikan peserta yang tergabung tidak hanya berasal dari Sebatik dan Nunukan saja, tetapi ada juga peserta dari wilayah 4. “Harapan kami kedepannya, agar lebih banyak lagi peserta kita, berasal dari daratan Kalimantan. Kita tau wilayah ini sedikit terisolasi sehingga kedatangan kemari tentu memerlukan biaya dan tenaga yang tidak sedikit. Saya harap juga kepada pembina agar kiranya dapat mendampingi adik-adik kita,” ujarnya.

Saat ditemui tim reporter, Ketua Kwartir Cabang Nunukan juga menyarankan kegiatan pramuka dapat disebarluaskan agar sekolah atau daerah terpencil bergerak dan ikut melaksanakan kegiatan pramuka. Pramuka menjadi wadah untuk membina dan membentuk karakter anak-anak sekarang. Menurutnya pramuka adalah tempat yang komplit untuk membentuk generasi muda bagi masa depan bangsa.

Sementara itu, hadir juga H. Arbin sebagai Ketua Pesuruh Jaya Pengakap Kawasan Zone I Tawau mengatakan Nunukan adalah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Adanya pramuka ini menyambungkan silaturahmi bersama pengakap kawasan zone I Tawau. 

“Untuk senantiasa terjalin, kami akan membuat hubungan diplomatik dan saling interaksi melalui fisikal, medsos untuk saling bertukar sapa dan maklumat kegiatan serta kunjungan hormat yang bisa dilaksanakan kedua bela pihak,” katanya.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan pramuka dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta sangga kerja, pemasangan rompi pusinfo kwarcab, pemasangan syal manik pramuka kepada Skip H. Arbin dan Abdul Kahar, penyerahan cendera mata ole Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan terakhir prosesi penyerahan piala bergilir diiringi marching band.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom