SIMP4TIK News - Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kabupaten Nunukan melakukan Layanan bergerak penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM dengan metode layanan jemput bola ke Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Nunukan tahun 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Perizinan Berusaha dan Non Perizinan (PBNP) Irsan, mengatakan layanan bergerak merupakan program inovasi Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kabupaten Nunukan.

Layanan bergerak atau jemput bola tersebut, dilakukan untuk menjangkau pelaku usaha di kecamatan-kecamatan yang kesulitan dalam mengurus izin berusahanya.

"Kita berikan kemudahan kepada masyarakat kita, untuk izin berusahanya, seperti masyarakat dengan usaha mikro yang sulit datang langsung mengurus ke Kantor PTSP di Nunukan," ucapnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/11).

Selain itu, layanan bergerak juga dalam rangka mendukung gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan bangga berwisata Indonesia.

Dalam layanan bergerak yang dilakukan pada bulan Maret di Kecamatan Krayan, sebanyak 89 NIB yang diterbitkan, di Kecamataan Sebatik Utara 30 NIB, di Kecamatan Sebatik Timur 24 NIB dan Kecamatan Sebatik Barat 50 NIB.

Layanan kembali dilaksanakan pada bulan Mei di Kecamatan Tulin Onsoi sebanyak 46 NIB yang terbit, Kecamatan Sembakung 55 NIB, Kecamatan Sebuku Sebanyak 113 dan Lumbis 71.

Bulan Agustus, dilanjutkan di Kelurahan Nunukan Barat dengan NIB yang berhasil diterbitkan sebanyak 43, Keluarhan Nunukan Tengah 34, Keluarhan Nunukan Utara 29 dan Keluarhan Nunukan Timur sebanyak 30 NIB.

pada bulan September layanan dilakukan di Desa Binusan, dengan 12 NIB, Kelurahan Nunukan Selatan 14. pada Oktober di Paras Perbatasan dilakukan pelayanan penerbitan NIB sebanyak 42 dan pada Oktober dan November di Kecamatan Sebatik Barat dengan jumlah 22 NIB.

Menurut Irsan jumlah NIB yang diterbitkan pada tahun 2023, hingga saat ini sudah sebanyak 703, bila dibandingkan pada tahun 2022 hanya 494.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom