SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD, menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi lintas sektoral kawasan Rumput laut guna membahas alur pelayaran yang ada di perairan Kalimantan Utara khususnya di Kabupaten Nunukan, bertempat Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Senin (27/11).

Bupati Laura mengatakan "Jadi sebenarnya rapat ini saya inisiasi dari di beberapa waktu yang lalu, tujuan saya yang pertama evaluasi, kedua sambil kita mendengarkan perkembangan rumput laut  kita di Kabupaten Nunukan. Jadi mungkin kita pahami bersama terkait dengan perkembangan rumput laut di Nunukan ini sangat signifikan sekali," ujarnya.

"Seiring dengan perkembangan rumput laut itu sendiri tentu ada beberapa masalah yang kadang kadang buat saya pribadi itu sangat mengganggu sekali, dimana mana itu seperti imagenya selalu masalah yang mencuat khususnya rumput laut ini yang pertama itu terkait dengan alur lalu lintasnya atau biasa kita kenal dengan zonasi rumput laut dan kemudian yang kedua persoalan harga," ungkapnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan Suhadi, S Hut M Si juga mengatakan bahwa Nunukan ini merupakan salah satu peyumbang rumput laut terbesar di level per Kabupaten  produksi Nunukan angka kasarnya 50.000 ton pertahun tapi malah sebenarnya lebih karena diperkirakan setiap bulan itu bisa 10.000 ton rumput laut kering bukan yang basahnya.

"Kalo kita dari Tarakan ke Nunukan bukan sekedar jalurnya yang sudah  terganggu tetapi juga sampahnya yang luar biasa,maka dari itu yang menjadi konsen kami adalah bagaimana nanti setidaknya mengurangi laju penyampahan artinya kalau kita mengurangi tidak mungkin tapi bagaimana mengurangi laju penyampahan tadi karena selama pelampungnya pakai pelampung botol aqua," terangnya.

"Tahun ini kita juga ada bantuan untuk masyarakat jadi setidaknya nanti untuk mengganti pelampung yang dari botol aqua tapi itupun tidak semua, jadi nanti artinya nanti kita dorong sebagian ada produksi disini nanti Masyarakat bisa membeli," tutup Suhadi.

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom