SIMP4TIK News - Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Nunukan Kaharuddin, SS membuka  Rapat Koordinasi (Rakor) pembentukan Forum Satu Data Indonesia (SDI) bersama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) dan Sekretaris Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan, bertempat di Ruang kerja Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Nunukan, Selasa (3/10).

Kepala Diskominfo Kaharuddin menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya rapat forum ini. "Diharapkan kita bisa saling kerjasama yang bagus agar dapat berjalan dengan baik  dan semoga bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk kemajuan Kabupaten Nunukan,” ujar Kahar.

Rapat dilanjutkan dengan paparan dari Kepala BPS Nunukan Muryanto,SSi, MSi  menjelaskan berkaitan dengan Satu Data Indonesia adalah perbaikan tata kelola pemerintah untuk menghasilkan data mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan. Muryanto berharap bulan Oktober ini SK untuk forum Satu Data sudah ditetapkan.

"Harapannya untuk SK forum Satu Data diawal Oktober sudah ditetapkan supaya masuk pertengahan bulan Oktober dan November kita sudah bisa  menyusun pengusulan data prioritas dari masing - masing OPD," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Litbang Andi Astuti, ST MM menyampaikan pentingnya pengelolaan data bagi Bappeda untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan. 

Astuti  sangat mendukung program Satu Data ini dan akan segera membuat SK-nya yang selanjutnya akan diserahkan ke Diskominfo.

Dibentuknya Forum Satu Data Indonesia (SDI) di Kabupaten Nunukan ini bertujuan menyatukan, memperbaiki dan memasukkan data dari OPD selaku produsen data sebagai bahan untuk penyusunan daftar data terkait statistik sektoral.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom