SIMP4TIk News - Ratusan  peserta dari lingkungan pemerintah di Kabupaten Nunukan bergabung menari tarian Japin dan Semajau bersama di halaman Kantor DPRD Nunukan, Kamis (12/10/2023).

Tarian yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Nunukan Ke 24 tersebut digelar usai Sidang Paripurna Istimewa, yang diikuti oleh Bupati Nunukan, wakil Bupati Nunukan, Sekretaris Daerah, Pejabat Forkompinda seperti Kapolres, Dandim, Danlanal, Kepala Kejaksaan, Kepala Pengadilan Negeri, dan Kepala-Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nunukan serta tokoh masyarakat lainnya.

Ketua Panitia Paripurna HUT Kabupaten Herwin menjelaskan alasan digelarnya tarian Japin dan Semaju selain untuk memeriahkan HUT Kabupaten Nunukan, juga untuk menampilkan tarian khas yang ada di Kabupaten Nunukan.

"Kita tetap mengedepankan ciri khas daerah kita, termasuk tarian khas daerah di Kabupaten Nunukan salah satunya adalah tarian khas adat asal Tidung yaitu Japin," terang Herwin.

Selain tarian, dalam kegiatan tersebut seluruh peserta HUT Kabupaten Nunukan juga mengenakan pakaian adat khas daerahnya masing-masing.

Menurut Herwin, hal tersebut merupakan keinginan dari Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, yang mengharapkan agar suasana HUT Kabupaten Nunukan lebih bersuasana kedaerahan.

"Maka dalam kegiatan Rapat Paripurna, seluruh tamu dan undangan di himbau untuk menggunakan pakaian adat atau daerah," imbuhnya.

 

 

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS