Nunukan, SIMP4TIK - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Nunukan berpartisipasi aktif dalam penyelenggara Pemilu 2024.

Kepala Satpol-PP Kabupaten Nunukan, Mesak Adiyanto, mengatakan pihaknya intens komunikasi dengan KPU dan Bawaslu, sesuai tugas dengan fungsi Satpol-PP, bahwa khusus di tanggal 14 Februari 2024, dalam rangka mensukseskan pilpres dan pileg, personil Satpol-PP ditugaskan memantau keamanan selama tahapan pemilu berlangsung.

"Kita tugaskan personil kita ke semua wilayah termasuk di Kecamatan-Kecamatan. Mereka memantau keamanan dan menjaga ketertiban dalam pelaksanaan pemilu tersebut," terang Mesak, Jumat (23/2/2024).

Selain itu, kata Mesak, personil juga melaksanakan pengamanan pencoblosan, dan perhitungan, sampai pengantaran logistik kotak suara dari TPS sampai ke PPK, pada hasil perhitungan rapat pleno.

"Pada waktu pemungutan suara kita mobile setelah selesai pemungutan suara kita menugaskan personil untuk mengawal kotak-kotak suara dari TPS-TPS menuju ke PPS, begitu juga ke tingkat PPK," ujarnya.

Untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di enam TPS di Kecamatan Sei Menggaris, yang akan dilaksanakan Sabtu (24/2/2024), menurut Mesak, tidak menurunkan personil, namum tenaga Linmas ditingkat desa yang menjadi binaan Satpol-PP,  yang ditugaskan membantu memantau keamanan dan menjaga ketertiban PSU tersebut.

"PSU di Sei Menggaris, ada petugas pamsung yang juga menjadi tenaga linmas ditingkat desa, yang kedepannya menjadi binaan Satpol-PP, yang kami tugaskan memantau keamanan selama PSU berlangsung," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom