SIMP4TIK News - Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Kabupaten Nunukan, Marliah, SMn melaksanakan seminar Aksi Perubahan kolaborasi Satu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial bertempat di Ruang Aula BKPSDM, Senin (23/10).

Marliah mengatakan penyusunan rencana aksi yang dilaksanakan di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kabupaten Nunukan Kolaborasi satu data terpadu (Ratu DTKS) bertujuan untuk jangka pendek tersedianya operator Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk di 2 Kecamatan diantaranya Kecamatan Nunukan, Nunukan Selatan di antaranya kelurahan Selisun, Kelurahan Nunukan Selatan, Kelurahan Mansapa, Kelurahan Tanjung Karang.

Untuk jangka menengah menargetkan untuk 3 Kecamatan dan 7 Desa, 4 Kelurahan diantaranya Kel Nunukan Timur, Kelurahan Nunukan Utara, Kelurahan Nunukan Barat, Kelurahan Nunukan Tengah, Desa Bambangan, Desa Liang Bunyu, Desa Setabu, desa Binalawan, desa Sungai pancang dan Desa Lapri.

“Kami berharap untuk target jangka panjang kedepan seluruh desa dan kecamatan diwilayah Kabupaten Nunukan tersedia operator penginputan DTKS dapat tersedia, serta tercapainya kesepakatan pembiayaan pemutakhiran DTKS,” ujar Marliah.

Dikatakan Marliah, dengan adanya operator penginputan di kelurahan dan desa akan sangat memberikan manfaat kepada masyarakat apabila mengalami persoalan ataupun permasalahan dalam melakukan pengecekan bantuan yang tidak aktif, data tidak valid serta akan mempermudah pelajar maupun para orang tua siswa dalam pengurusan administrasi untuk penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang mempersyaratkan surat keterangan DTKS dari Kementerian Sosial RI.

“Tentu akan sangat membantu dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan, mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi warga terkait dengan bantuan sosial yang selama ini harus dilakukan di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nunukan,” imbuhnya.

Teks/Foto : Utari, S.IP (Tim Publikasi DINAS SOSIAL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom