SIMP4TIK News - Komisi Pemilihan Umum Nunukan menyelenggarakan program kirab pemilu 2024, program ini digelar untuk menandai setahun menjelang pemilihan umum.

Kirab Setahun Jelang Pemilu ini digelar serentak di tujuh wilayah di Indonesia di antaranya Aceh, Batam, Kalimantan Utara, NTT, hingga Papua. Kegiatan ini di laksanakan di tugu dwikora alun - aku kota Nunukan. Rabu (22/02). 

Menurut ketua KPU Nunukan Rahman, S.P,  Kirab Pemilu 2024 dilaksanakan  oleh Ketua KPU Republik Indonesia dalam rangka mensosialisasikan pelaksanaan pemilu 2024.

"Kirab pemilu ini sudah di laksanakan sejak tanggal 14 Februari  setahun menuju pemilu hari pemungutan suara ini guna memberikan sosialisasi informasi bagi publik terkait Pemilu 2024 sekaligus sebagai pendidikan pemilih bagi seluruh masyarakat," ujar Rahman.  

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD melalui staf ahli Bupati bidang SDM dan Kesra Masniadi menjelaskan, pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih wakil - wakilnya di DPR, DPD, DPRD, Presiden dan Wakil presiden.

"Pemilu adalah  wujud kedaulatan rakyat maka Pemilu harus menjadi sebuah demokrasi yang indah menyatukan dan menyenangkan seluruh masyarakat. Bukan suatu pesta yang menakutkan apalagi sampai memecah belah sesama anak bangsa," katanya. 

Bupati  memberikan apresiasi sebesar - besarnya kepada jajaran KPU Nunukan yang melaksanakan Kirab Pemilu kali ini. 

"Kirab ini selain mengingatkan masyarakat bahwa pelaksanaan pemilu tinggal satu tahun lagi, kirab ini juga menyiratkan makna sukses tidaknya pemilihan umum tahun 2024 harus menjadi tanggung jawab kita semua," katanya. 

Usai seremoni acara dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi pemilu oleh seluruh tamu undangan, foto bersama serta pelepasan kendaraan sebagai tanda pelaksanaan kirab pemilu Kabupaten Nunukan telah berjalan dengan lancar.(*) 

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS