Nunukan, SIMP4TIK - Asisten Ekonomi dan Pembangunan Asmar memimpin rapat penyelarasan forum Satu Data Indonesia (SDI) di ruang rapat kerja asisten II lantai 4 Kantor Bupati Nunukan. Turut hadir dalam rapat ini Kepala BPS Provinsi, Kepala Diskominfotik, kepala BPS Nunukan, kepala Bappeda Nunukan, Kamis (25/01/2024).

Perkembangan teknologi digital yang kian pesat saat ini, didukung dengan layanan internet yang cepat, telah memberikan dampak kemudahan bagi para pengguna dalam mengakses data, dimana saja dan kapan saja. Di satu sisi, layanan informasi data yang kurang informatif dan tumpang tindih menyulitkan pencari data untuk memperoleh data yang berkualitas. 

Menurut asiste ekonomi dan pembangunan Asmar mengatakan bahwa ada beberapa catatan penting yang harus di perhatikan dan akan  di tindaklanjuti menjadi bahan nanti untuk menuju satu data, dan ada hal yang sangat bermakna juga yaitu jangka pendek dan jangka panjang ini betul karena jangkanya dua bulan yaitu Februari - Maret.

Asmar juga mengingatkan kembali tentang inventarisir, yaitu inventarisir setiap OPD yang berbau data dan berurusan dengan data dan referensi treatmentnya nanti dari BPS Nunukan untuk seluruh OPD yang mengumpul data, kemudian menyamakan persepsi tentang standar pengumpulan data.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan ini berpesan penting untuk di perhatikan kembali posisi persiapan anggaran, karena apapun yang dilakukan erat kaitannya dengan anggaran. Jika posisi kita di dalam perjalanan masih kurang nanti segera ajukan pergeseran anggaran karena rencana Februari akan melakukan pergeseran anggaran.

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom