Nunukan, SIMP4TIK - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Nunukan menggelar bazar produk kompetensi keahlian yang dirangkai dengan kegiatan pentas seni yang berlangsung di Lapangan SMK N 1 Nunukan, Kamis (06/06/2024).

Kegiatan gelar karya bazar produk dan pentas ini mengusung tema “Bangkitkan Kreativitas Generasi Z Menuju Indonesia Emas 2045”. Sesuai dengan tema tersebut, diharapkan kepada siswa-siswi SMK N 1 Nunukan dapat mengembangkan kreativitasnya pada setiap bidang yang ditekuni.Jathu Roswita Kepala Sekolah SMK N 1 Nunukan dalam sambutannya menyampaikan, gelar karya kali ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Program produk hasil karya siswa-siswi pun ditampilkan pada gelar karya saat ini.

Disampaikan Jathu, adapun projek P5 menciptakan suasana di SMK N 1 Nunukan berbeda dari sebelumnya. Lingkungan sekolah menjadi lebih hidup, lebih berwarna dengan adanya pot gantung dari botol bekas yang dikelola. Tidak hanya botol bekas, ada juga kardus kayu dan lainnya. 

“Biasanya kegiatan P5 itu dilaksanakan untuk siswa-siswi kelas 10 saja, projek P5 kali ini hanya mengusung gaya hidup berkelanjutan yang maksudnya topiknya yaitu “sampahku adalah tanggung jawabku,” ujar Jathu.

“Kami mengajarkan anak-anak mengolah barang-barang bekas yang ada di sekitar kita menjadi lebih berguna dan lebih bermanfaat lagi,” tambahnya.

Salah satu siswi kelas 11 jurusan perikanan air tawar, Dewi Andriyani, mengatakan merasa senang menjadi siswi SMK N 1 Nunukan karena menurutnya, sekolah terbaik dan kegiatan yang berlangsung dapat mengembangkan minat dan bakat serta menampilkan kreativitas para siswa-siswi.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek.

 

 

 

 

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom