Sebatik Tengah, SIMP4TIK - Setelah berjuang keras dalam menghadapi ujian sekolah, siswa kelas 6 SD telah mencapai masa-masa terakhir mereka di Sekolah Dasar. Begitu juga dengan siswa-siswi SDN 004 Sebatik Tengah Jl. Lingkar Pulau Sebatik RT.003 RW.001 Desa Sungai Limau Kecamatan Sebatik Tengah.

Acara perpisahan adalah salah satu kegiatan penting yang selalu dinantikan. Dimana siswa-siswi, orang tua, dan guru dalam satu momen yang penuh makna dan kenangan.

Kepala Sekolah Sittiara Razak, S. Pd. I. pada saat terhubung dalam panggilan salah satu aplikasi (whatsapp) menuturkan acara perpisahan yang dilakukan oleh SDN 004 Sebatik Tengah tahun ini tampak berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun kemarin mereka melakukan sungkeman hanya kepada guru dan tahun ini dilakukan sungkeman dan membasuh kaki orang tua masing-masing.

“Setiap tahunnya memang kami melakukan kegiatan perpisahan, tapi sedikit berbeda dengan sekolah lain. Tahun kemarin sekolah kita masih ditempatkan di pasar karena memang ada pembangunan sekolah yang baru, jadi perpisahan kemarin siswa hanya sungkeman kepada guru, orang tua sebenarnya juga hadir akan tetapi hanya menyaksikan saja,” ujar Sittiara, Senin (10/06/2024).

Suasana menjadi haru saat anak-anak bersimpuh dihadapan kedua orang tua, air mata tak terbendung saat acara sungkeman dimulai. 

Kenapa sungkeman? Lebih lanjut dikatakan Sittiara, karena kami berharap kepada siswa-siswi tetap selalu patuh kepada orang tua mengingat doa orang tua paling manjur, kepada guru yang telah membimbing, bersyukur dan berterima kasih kepada orang tua masing-masing yang telah merawat dan menyekolahkan mereka sampai saat ini.

Bagi orang tua, acara ini menjadi kesempatan terakhir untuk menunjukkan hubungan baik dengan para guru dan pihak sekolah sebelum anak-anak mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. 

Kepala Sekolah ini menambahkan, selain itu, sungkeman dan membasuh kaki orang tua ini bisa menjadi bekal anak-anak kedepannya dalam menjalani pendidikan yang lebih tinggi. Tetap bisa menghormati dan menghargai yang lebih tua.

“Ide ini kemarin baru kita dapat, bersama rekan Ibu Ratnawati mengusulkan kegiatan perpisahan ini siswa-siswi sungkeman kepada kedua orang tua. Nah, hari ini cukup mengharukan dan benar - benar berjalan sesuai dengan yang diinginkan,” imbuhnya.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom