SIMP4TIK News - Tilang Manual kembali diberlakukan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Nunukan, sesuai instruksi Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor : ST/380/IV/HUK.6.2./2023. Dijelaskan oleh Kasatlantas Polres Nunukan, AKP Arofiek Aprilian Riswanto diberlakukannya kembali tilang manual karena di Kabupaten Nunukan belum memiliki Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). "Karena kita di Nunukan belum memiliki CCTV untuk ETLE, maka kita kembali ke tilang manual," terang Arofiek Aprilian Riswanto, Jumat (26/5).

Kasatlantas Arofiek, menyebut tilang manual mulai dilaksanakan, sejak terbit Telegram Kapolri pada 12 April 2023. "Kita sudah mulai melakukan tilang manual, sembari juga mensosialisasikan diberlakukannya tilang manual ini," ujarnya.

Selain itu, menurut Arofiek sudah tidak ada lagi razia kendaraan yang dilakukan secara stasioner. pengendara yang ditilang langsung diberikan blanko merah. "Karena sudah tidak ada lagi razia secara stasioner atau razia di tempat. Razia dilakukan melalui patroli, ketika didapati pengendara yang tidak tertib berlalu lintas maka kendaraan akan ditahan, pelanggar yang ditilang akan diarahkan mengikuti sidang di pengadilan, tidak diberikan lagi blanko warna biru, yang mana biasanya pelanggar bisa membayar denda tilang melalui bank yang ditunjuk," tutur Arofik.

Adapun yang menjadi sasaran penilangan berdasarkan Telegram Kapolri Nomor: ST/380/IV/HUK.6.2./2023, yaitu Berkendara di bawah umur; mengendarai kendaraan sambil menggunakan HP, tidak menggunakan Helm SNI, berkendara di bawah pengaruh alkohol, melampaui batas kecepatan, melawan arus, berkendara menggunakan knalpot bising (brong), berboncengan lebih dari satu atau dua orang, kendaraan barang dimuat orang, kendaraan barang over dimensi dan over loading.

Arofiek menghimbau agar masyarakat tertib berlalu lintas dan gunakan helm dan perhatikan kendaraannya sesuai standar, serta melengkapi surat-surat kendaraannya. "Bukan mau nyusahin masyarakat, tapi semua demi kebaikan bersama," imbuhnya.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom