Nunukan, SIMP4TIK - Selama dua hari, Rabu-Kamis, 21-22 Agustus 2024, Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, menggelar Pendampingan Penyusunan Pohon Kinerja bagi seluruh perangkat daerah. Pendampingan yang dipusatkan di Kantor Bupati Nunukan tersebut dibagi ke dalam 6 kelompok.

"Pendampingan kali ini, merupakan tindak lanjut dari pendampingan Penyusunan Pohon Kinerja sebelumnya," ungkap Harman.

Pendampingan sebelumnya, menurut Harman, adalah pendampingan penyusunan pohon kinerja level kabupaten, sementara pendampingan kali ini, khusus untuk level perangkat daerah.

Ditambahkan oleh mantan Camat Nunukan tersebut bahwa penyusunan Pohon Kinerja sendiri adalah bagian dari rekomendasi KemenPANRB dalam rangka memperbaiki implementasi SAKIP Pemerintah Kabupaten Nunukan.

"Melalui pohon kinerja, organisasi perangkat daerah diharapkan dapat mengenali rute logika yang dapat memandu untuk menemukan strategi dan alternatif solusi baru dalam mencapai kinerja yang direncanakan oleh organisasi," tambahnya lagi.

Menurut Harman, penjenjangan Kinerja (Cascading) akan lebih mudah dilakukan jika dimulai dari tahap penyusunan pohon kinerja. Cascading sendiri adalah proses menurunkan level perencanaan strategis ke level taktis hingga level operasional.

"Setiap individu dalam suatu organisasi, harus jelas peran dan kontribusinya bagi organisasi. Nah, pohon kinerja adalah salah satu alat bantu untuk menurunkan kinerja hingga ke level individu staf," pungkasnya.

 

Sumber: Kabag Organisasi Setda, Harman

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS