Nunukan, SIMP4TI : Guna menggali potensi anak-anak daerah di Kabupaten Nunukan yang akan menjadi ikon/ujung tombak untuk membantu menggerakkan budaya dan minat baca di Lingkungan Masyarakat Kabupaten Nunukan serta membantu mempromosikan dan memperkenalkan tentang Perpustakaan Sekolah, Desa, Kecamatan maupun Daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Nunukan menyelenggarakaan lomba Pemilihan Duta Baca Tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan.

Di tahun 2024 ditargetkan ada 13 Kecamatan yang mengikuti kegiatan tersebut, namun sampai akhir penutupan pendaftaran hanya ada 10 Kecamatan yang mengirimkan nama peserta. Kegiatan tersebut dilaksanakan di 10 Kecamatan, yaitu Kecamatan Nunukan, Sebatik, Sebatik Barat, Sebatik Timur, Sebatik Utara, Sebatik Tengah, Sei Menggaris, Tulin Onsoi, Sebuku dan Lumbis.

Kegiatan Pemilihan Duta Baca Tingkat Kecamatan dilaksanakan mulai tanggal 9-22 Juli 2024. Setiap peserta yang meraih juara pertama di 10 kecamatan tersebut nantinya akan dipertemukan dan dipertandingkan di Pemilihan Duta Baca Tingkat Kabupaten. Kegiatan tersebut diikuti oleh masyarakat umum yang berusia 17 hingga 27 tahun.

“Dengan adanya Pemilihan Duta Baca ini, harapannya masyarakat bisa kembali meningkatkan minat baca dan literasi. Terutamanya mengenalkan anak-anak, remaja, maupun masyarakat terkait dengan adanya perpustakaan yang ada di sekolah, desa, kecamatan maupun daerah sehingga minat baca masyarakat mulai meningkat kembali. Karena memang di era sekarang yang menjadi tantangan besar adalah dengan adanya perkembangan teknologi. Inilah tujuan dilaksanakannya pemilihan duta baca ini,” ujar Erlina S.T., M.AP selaku Pelaksana Tugas (Plt.) DPK Kabupaten Nunukan.

Teks/Foto : Dea Sunia Monica Regiola (Tim Publikasi DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN )

Editor : Asa Zumara, SS