Nunukan, SIMP4TIK - Dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Indonesia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, ada penampilan unik di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) nomor 03 Kelurahan Nunukan Barat, disini terdapat meja instalasi hidroponik berisikan sayuran caisim dan sawi pakcoy.

Dengan tema TPS Pertanian Cerdas atau Smart Farming, sayuran ini tidak hanya sekedar hiasan atau pemanis di TPS, tapi panitia sudah menyiapkan juga sayuran yang dibungkus untuk dibagikan ke warga yang datang dan mencoblos di TPS ini.

Dan tentunya warga pun senang pulang mendapatkan sayur. Seperti yang diungkapkan Sarmidah, kepada  media ini. "Pulang dari sini (TPS), bisa dimasaklah, mau dimakan bersama keluarga, ini pertama kali, pada waktu yang lalu tidak ada bagi-bagi sayur, baru pertama kali," ungkapnya, Rabu (14/2/2024).
 
Selain sayur warga pemilih juga mendapatkan pupuk cair untuk tanaman Ngatijan seperti pupuk, pupuk sawi tanaman dan berharap ada terus.

Dijelaskan oleh Ketua KPPS TPS 03, Zulaysyah, dengan adanya pembagian sayur dan pupuk ini bertujuan untuk edukasi menanam sayuran dengan mudah dan  menarik minat warga sekitar TPS untuk datang menyalurkan hak pilihnya dan untuk menghindari terjadinya golput.

“TPS 03 Nunukan Narat ini bertemakan Pertanian Cerdas (Smart farming), jadi kita mengimbau kepada masyarakat sekitar dan siapapun yang melihat bahwa menanam itu tidak perlu capek, tidak perlu mencangkul, tidak perlu menyiram tidak perlu pupuk, cukup menggunakan instalasi hidroponik kita akan mendapatkan hasil yang luar biasa, tadi mau kita sih ada dua puluh coblos pertama yang mendapatkan doorprize itu, jadi antusias masyarakat tadi luar biasa , bahkan jam enam sudah datang mereka ingin melihat apa hidroponik itu, dan mereka mendapatkan sayur, mereka setelah nyoblos tidak usah ke pasar lagi tinggal masak aja sudah,” ujarnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom