SIMP4TIK News - Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Nunukan Kaharuddin, SS membuka acara seminar Literasi Digital Bagi Pemuda Perbatasan yang diselenggarakan oleh Universitas Fajar Makassar bertempat di Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Kamis (27/7).

Kadis Kominfo Kahar mengatakan literasi digital diperlukan dalam penggunaan teknologi. Penerapan literasi digital dapat membuat masyarakat jauh lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi, khususnya informasi dan komunikasi. Literasi digital juga berkaitan dengan kemampuan penggunanya, kemampuan untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif.

Kahar juga mengajak para peserta untuk mengikuti seminar ini dengan bersungguh-sungguh karena ini merupakan kesempatan baik dapat berhadapan langsung dengan narasumber yang nantinya akan memberikan informasi terkait dunia digital yang digunakan sehari-hari. Persiapkan diri kedepannya agar dapat menguasai teknologi informasi.

"Kepada para peserta selamat mengikuti seminar literasi digital dan kedepannya persiapkan diri anda dengan baik, kuasai teknologi informasi dengan baik dan bijaklah dalam bersosial media. Jangan sampai justru terlibat dalam penyalahgunaan perkembangan teknologi informasi," ujarnya.

Sementara itu kepala Prodi Magister Ilmu Komunikasi Dr. And Fita Sukmarini, S I Kom  M I Kom mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Nunukan yang telah memberikan ruang pada acara seminar literasi digital bagi pemuda perbatasan. 
kegiatan ini merupakan tugas mulia, yang mana dapat  menyampaikan pentingnya literasi digital di dunia digital saat ini.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan literasi digital ini khusus bagi pemuda perbatasan dapat memberikan solusi dan pemahaman serta pemanfaatan yang lebih baik terhadap penggunaan teknologi digital. Dengan seminar ini kita mendukung program pemerintah terkhusus Dinas Kominfo," ucapnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap peningkatan optimalisasi pelaku pengguna media sosial khususnya di daerah perbatasan. Seminar literasi digital ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah mengedukasi pemuda perbatasan terkait kemampuan digital dalam bermedia sosial.

Acara seminar ini menghadirkan empat narasumber dari mahasiswa paska sarjana Universitas Fajar Makassar yang mumpuni di bidangnya, yaitu Abdul Kahar, Mardaniah, Aiyub, dan Asa Zumara.
Masing-masing narasumber memaparkan bagaimana pentingnya literasi digital dan apa saja tantangannya. (*) 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom