SIMP4TIKNEWS - Beberapa hari lalu, Kabupaten Nunukan menerima penghargaan sebagai Pemda Transformatif dalam Anugerah Merdeka Belajar 2023. Piagam dan plakat-pun telah diserahkan kepada Bupati Nunukan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Ahmad di Ballroom Hotel Laura, Jumat (2/06).

Dalam sambutannya di acara Silaturahmi antara Ikatan Penulis Sabah dan Komunitas Literasi tersebut, Bupati Nunukan meminta Kepala Dinas terkait untuk meningkatkan lagi literasi bagi peserta didik di Kabupaten Nunukan yang konon kabarnya mengalami penurunan.

Merespon hal tersebut, Ahmad mengatakan telah mengambil langkah-langkah yang dapat meningkatkan minat baca dan literasi khususnya bagi anak SD. Diantaranya bekerjasama dengan Litara, inovasi, balai bahasa dan lainnya.

"Januari lalu kita ada pelatihan dan pendampingan pemanfaatan buku bacaan anak di Nunukan yang diinisiasi oleh Litara. Hari ini mereka juga hadir bersama kita di acara ramah tamah ini. Mereka melaporkan hasil monev-nya. Alhamdulillah ada peningkatan dan kita harap diperpanjang lagi kerjasamanya dengan Litara ini," tutur Ahmad di sela acara.

Direktur Operasional dan Pengembangan Produk Yayasan Litara, Eva Nukman pun membenarkan bahwa terdapat peningkatan minat baca di kalangan peserta didik selama kurun waktu enam bulan ini. Dirinya mengaku banyak mendapat laporan positif baik dari orang tua murid maupun fasilitator.

"Sasaran kita anak SD. Karena tujuan kita menanamkan literasi sejak dini. Literasi bukan hanya sekedar lancar membaca. Namun dapat memaknai apa maksud bacaan tersebut. Makanya buku-buku yang kita produksi lebih interaktif dan merangsang keingintahuan pembaca untuk melanjutkan bacaannya," ucap Eva.

Eva menambahkan, pembaca dapat mengakses ribuan bacaan gratis di aplikasi Let's Read. Yang mana pada aplikasi tersebut tersedia beberapa bahasa daerah seperti Jawa, Sunda, Minang selain bahasa Inggris dan Indonesia.

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS