SIMP4TIK News - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian menggelar Forum Group Discussion (FGD) Wakil Bupati H. Hanafiah, SE MSi menghadiri sekaligus membuka Metadata Statistik Sektoral Kabupaten Nunukan Tahun 2023 yang bertempat di lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Senin (13/11).

Hanafiah memberikan apresiasi atas terselenggaranya FGD Metadata Statistik Sektoral ini. Kegiatan ini juga merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yang mencantumkan kewajiban penyusunan metadata bagi penyelenggara kegiatan statistik.

Kegiatan Metadata Statistik Sektoral ini pada prinsipnya bertujuan untuk memudahkan pengelolaan data dan informasi, memudahkan pencarian data, menghindari duplikasi data dan kegiatan, memberikan penyajian data yang akurat dan memudahkan evaluasi informasi sebagai dasar perencanaan yang terukur dan terintegrasi.

"Melalui FGD Metadata ini, agar perangkat daerah dan stakeholder terkait lainnya, dapat membangun pemahaman yang sama dalam penyelenggaraan setiap kegiatan statistik sektoral sehingga akan menghasilkan data dan informasi yang berkualitas. Intinya, setiap produsen data dapat memahami metadata dalam penyusunan dan pengumpulan data teknis yang ada pada Perangkat Daerah masing-masing dalam mewujudkan satu data yang terintegrasi,” harap Hanafiah.

Kepala dinas Kominfo sekaligus Ketua Panitia FGD Kaharuddin, SS juga mengatakan, tujuan dilaksanakannya FGD Metadata Statistik Sektoral ini bagaimana caranya dapat mewujudkan Satu Data Kabupaten Nunukan Tahun 2024.

"Setiap produsen data memiliki kewajiban untuk melaporkan metadata kegiatan statistiknya kepada walidata untuk selanjutnya Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan verifikasi metadata yang dilaporkan. Metadata memberikan informasi secara rinci tentang kegiatan statistik sektoral sehingga memudahkan pencarian, penggunaan dan pengelolaan informasi data," ujar Kahar.

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom