SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE MSi membuka secara resmi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan VII Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara kelas Kabupaten Nunukan tahun anggaran 2023 bertempat di Aula BKD Jalan P. Antasari Nunukan, Sabtu (7/10).

Pada sambutannya, Hanafiah mengatakan bahwa seiring dengan tantangan jaman yang terus berkembang maka birokrasi juga di tuntut untuk terus berinovasi dan mengembangkan diri agar mampu menjawab tantangan tersebut.

"Para pejabat di pemerintahan di harapkan tidak hanya menjalankan rutinitas pekerjaan yang gitu - gitu aja, sehingga roda pemerintahan seolah berjalan seperti auto pilot, siapapun pimpinannya, tidak akan merubah apapun," ujarnya.

Untuk menjawab semua tantangan tersebut, maka pelatihan kepemimpinan di semua jenjang juga terus di sempurnakan. Model dan konsep pelatihan tidak lagi hanya sekedar mendengarkan paparan dari para pemateri, namun para peserta pelatihan di tuntut mampu membuat sebuah inovasi atau terobosan - terobosan yang bisa meningkatkan kualitas pelayanan di instansi masing - masing.

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep ini mampu melahirkan berbagai inovasi baik dalam bentuk aplikasi atau gerakan yang bisa meningkatkan kualitas pelayanan birokrasi. Ada aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam membayar pajak, ada aplikasi yang bisa mempercepat pelayanan dan banyak lagi lainnya. Dalam konsep ini para peserta pelatihan di tuntut untuk benar - benar memahami ruang lingkup pekerjaan di instansinya masing - masing.

"Seorang pimpinan tidak bisa lagi hanya menyerahkan semua urusan kepada anak buah, sementara dia sendiri tidak menguasai pekerjaan yang harus di lakukannya. Meskipun harus di akui konsep ini belum sempurna, karena banyak inovasi yang hanya copy paste inovasi dari daerah - daerah lain, namun kekurangan itu tidak boleh menihilkan kemajuan yang telah di capai. Copy paste ide dan gagasan adalah sesuatu yang wajar, tapi tentu harus di sesuaikan dengan situasi dan kondisi masing -masing daerah yang pasti berbeda," imbuh Hanafiah.

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom