Nunukan, SIMP4TIK - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Nunukan menggelar forum konsultasi publik Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nunukan Tahun 2025 dengan mengusung tema “Peningkatan Produktivitas Unggulann Daerah dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Kabupaten Nunukan” bertempat di ruang VIP lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Rabu (21/2/2024).

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Nunukan konsultasi publik merupakan salah satu tahapan penting dalam penyusunan RKPD tahun 2025. “Melalui forum ini kita ingin menjaring aspirasi dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD yang telah disusun.” ucap Rahma Leppa.

RKPD juga merupakan dokumen perencanaan daerah yang memuat arah kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan daerah untuk jangka waktu satu tahun. Rancangan awal RKPD sangat penting untuk memastikan bahwa pembangunan daerah yang akan dilaksanakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat. 

Sementara itu, Wakil Bupati Nunukan Hanafiah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting, berdasarkan undang - undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek politik dan aspiratif atau bottom up.

“Tahapan konsultasi publik ini merupakan upaya penjaringan saran, masukan, dari instansi atau lembaga terkait maupun kelompok organisasi kemasyarakatan untuk melengkapi rancangan awal RKPD yang telah disusun,” ujar Hanafiah. 

Wabub Hanafiah juga menambahkan, fokus dengan pengentasan kemiskinan dan stunting serta percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri atau PDN dan pengendalian inflasi masih menjadi hal yang fokus dalam berbagai aspek pembangunan baik pusat maupun di daerah.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom