SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah SE MSi meresmikan Desa Persiapan Tembaring Kecamatan Sebatik Barat, Sabtu (17/12).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah mengatakan, pemekaran desa merupakan rangkaian proses yang panjang, bahkan setelah peresmian desa persiapan masih ada lagi kewajiban yang perlu dipenuhi sehingga pada akhirnya dapat  ditingkatkan statusnya menjadi desa definitif.

"Desa persiapan itu akan diberi waktu selama tiga tahun dan ada kewajiban dari desa induknya memberikan bantuan dana desa sebesar 30% untuk aktivitas mereka sambil mempersiapkan sarana dan prasarananya. Setelah tiga tahun akan dilakukan evaluasi untuk dasar menjadi desa definitif," katanya.

Menurut Hanafiah, terbentuknya desa persiapan tembaring tentunya tidak lepas dari sinergi antara pemerintah daerah bersama masyarakat dalam mewujudkan proses pemekaran desa di Kabupaten Nunukan, sejak lahirnya undang - undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pemerintah daerah diberikan kewenangan untuk dapat melakukan penataan desanya. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintah desa, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, mempercepat kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas daya saing desa.

Sementara itu, Camat Sebatik Barat Hj. Ramsida mengungkapkan bahwa lahan pembangunan kantor Desa Tembaring adalah tanah hibah dari salah satu tokoh masyarakat.

"Desa Persiapan Tembaring ini adalah permintaan dari tokoh-tokoh masyarakat, bahkan ada salah satu tokoh masyarakat yang sudah menghibahkan tanahnya untuk digunakan sebagai pembangunan Kantor Desa Tembaring," ungkapnya.

Dihadapan wakil Bupati dan rombongan Deputi  3 Kemenpora,  Ramsida menyampaikan bahwa di Kecamatan Sebatik Barat ini mempunyai banyak objek wisata seperti air terjun dan wisata mangrove.  Ia juga berharap dengan hasil komoditasnya Kecamatan Sebatik Barat ini nantinya bisa menjadi objek wisata kuliner.(*)

 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom