Bandung, SIMP4TIK: Gelaran Konvensi dan Kongres Ikatan Pranata Humas (IPRAHUMAS) Indonesia 2024 di Hotel Pullman Bandung, menghadirkan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Nezar Patria, lewat sambungan virtual, Rabu (17/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut Nezar mengingatkan segenap humas pemerintah agar mengadopsi kemampuan teknologi digital saat ini agar tetap berpartisipasi pada komunikasi publik.

"Disrupsi teknologi juga memerlukan perubahan staf komunikasi pemerintah untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi digital secara maksimal,” kata Nezar dihadapan peserta konvensi.

Ia juga mengatakan bahwa penggunaan berbagai saluran komunikasi digital, mulai dari media sosial hingga microsite dan kecerdasan buatan (AI), juga akan membantu memfasilitasi komunikasi publik terhadap database.

 “Tantangan terbesar di dunia digital adalah potensi disinformasi, terutama di saat masyarakat sedang mengalami krisis kepercayaan terhadap pemerintah,” ujarnya.

Untuk menjaga kepercayaan publik meski informasi sedang gencar, juru bicara harus hadir di situs ini.

 “Peran komunikasi pemerintah menjadi semakin penting dalam memastikan aliran informasi yang efektif antara berbagai tingkat pemerintahan dan masyarakat,” kata Nezar mengakhiri sambutannya.

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS