Nunukan, SIMP4TIK - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Jalan Sei Sembilan, depan Gor Nunukan, Jumat (22/3/2024) berhasil dipadamkan setelah 8 jam upaya pemadaman.

Api pertama kali terlihat sekitar pukul 11.00 WITA. Penyebab utama kebakaran belum diketahui, namun diduga, kebakaran ini disebabkan oleh faktor kemarau dan angin kencang yang menyebabkan lahan dengan mudah terbakar dan api dengan cepat menyebar.

Tim Brigdalkarhutla UPTD KPH Nunukan bersama dengan Polres, TNI AL, BPBD, PMK, PMI Nunukan dan masyarakat sekitar bahu membahu memadamkan api. Upaya pemadaman api dibantu dengan menggunakan 1 unit mobil pemadam kebakaran KPH, 4 mnit Mobil pemadam BPBD, 2 unit mobil PMK, 1 unit mobil tangki LANAL dan 1 unit mobil tangki Polisi.

Pada pukul 21.00 WITA, api berhasil dipadamkan. Petugas masih melakukan pendinginan di lokasi kejadian untuk memastikan api tidak kembali menyala.

Belum diketahui secara pasti berapa luas area yang terbakar akibat kejadian ini. Namun, kebakaran ini telah menyebabkan kerugian berupa asap tebal yang mengganggu aktivitas masyarakat sekitar.

Teks/Foto : Siddik (Tim Publikasi UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan )